Wisata

Danau Laut Tawar Aceh, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Danau Laut Tawar merupakan salah satu destinasi wisata di Aceh yang menyimpan sejuta keindahan. Udara yang sejuk dengan lingkungan asri menjadikannya tempat healing paling menyenangkan. Danau ini pun mendapat predikat salah satu tujuan wisata terbaik di Aceh Tengah. Dengan tingginya popularitas destinasi ini tentu juga mampu mendongkrak sektor perekonomian warga sekitar.

Danau Laut Tawar Aceh

Daya Tarik Keindahan dan Informasi Lengkap Danau Laut Tawar di Aceh

Keindahan danau ini mampu menarik minat pengunjung baik dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Wajar saja jika tempat ini menjadi kebanggaan bagi warga sekitarnya. Seperti destinasi rekreasi lain di Aceh, danau ini menawarkan banyak hal yang memukau. Berikut ini beberapa daya tarik dari danau tersebut.

Lokasi

Masyarakat Suku Gayo sering menyebut danau ini dengan sebutan Laut Tawar. Wisata air ikonik ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Di sebelah barat danau terdapat ibu kota kabupaten yaitu Takengon. Sedangkan untuk luasnya sendiri sekitar 5.472 hektare. Danau ini memiliki panjang hingga 17 km dan lebar 3,219 km. Untuk volume airnya kira-kira 2,5 triliun liter.

Memiliki Panorama yang Indah

Danau Laut Tawar ini merupakan sebuah danau tektovulkanik. Terbentuknya bersamaan dengan Sesar Semangko. Hal itulah yang menyebabkan Danau satu ini memiliki luas hingga mencapai 5 ribu hektare lebih. Selain itu membuat danau ini memiliki view pemandangan yang luas nan indah.

Suara danau yang tenang, gemericik air, dan pemandangan sekeliling yang menakjubkan, semuanya menjadi magnet bagi pengunjung. Dari sekoci hingga speedboat, tersedia beragam pilihan untuk menjelajahi keindahan danau ini. 

Tarif sewa yang terjangkau membuat pengalaman ini semakin menggoda. Dengan begitu banyak cara untuk menikmati danau ini, setiap sudutnya pun bisa diabadikan dengan indah. Semua itu menjadi bagian dari pengalaman tak terlupakan di destinasi ini.

Spot yang Instagramable

Keindahan danau ini sangat menakjubkan, sehingga sayang apabila sampai tidak diabadikan. Kawasan Danau Laut Tawar pun juga terdapat banyak sekali spot-spot estetik untuk berfoto. Dengan latar belakang danau dan pegunungan yang indah, view ini cocok untuk diupload di instagram dan sosial media lain. 

Hampir semua sudut danau mampu menghasilkan foto yang indah dan teduh. Di beberapa titik juga tersedia tempat duduk unik yang tidak kalah estetik untuk dijadikan sebagai spot fotografi.

Cocok untuk Sesi Fotografi Pre Wedding

Selain sebagai destinasi wisata, Danau Laut Tawar juga kerap menjadi tempat untuk melakukan sesi fotografi. Baik itu foto model maupun pre wedding. Bahkan tidak jarang ada yang menggunakan tempat ini sebagai lokasi melangsungkan pernikahan secara sakral. Bagi yang menyukai konsep acara outdoor yang luas, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan paling bagus.

Fasilitas yang Lengkap

Sebagai salah satu destinasi wisata yang populer, danau ini tentu sudah memiliki fasilitas lengkap bagi para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut mulai dari area parkir yang sangat luas, tempat ibadah, restoran, penginapan, perahu, sekoci, dan speedboat. Semua fasilitas tersebut dapat dengan mudah digunakan dan terletak hanya di sekitaran danau. Sehingga pengunjung tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain.

Terdapat Dermaga yang Menarik

Salah satu spot foto yang paling fenomenal dari destinasi wisata ini adalah Dermaga Pante Menye. Dermaga ini memiliki bentuk yang sangat unik, karena menyerupai sebuah kapal berukuran besar. 

Di dermaga tersebut, pengunjung dapat mengambil foto estetik berlatarkan danau yang indah. Selain itu, pemandangan matahari terbenam akan terlihat begitu dramatis di tempat ini. Wajar jika setiap akhir pekan dermaga ini begitu penuh dengan pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, pengunjung Danau Laut Tawar juga dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu per orang. Harga yang sangat murah untuk tujuan wisata yang menawarkan daya tarik yang menakjubkan. 

Namun, perlu pengunjung ketahui, bahwa untuk menggunakan berbagai fasilitas lain seperti perahu atau speedboat ada tambahan biaya tersendiri. Meskipun demikian, harga untuk masing-masing fasilitas tersebut masih sangat terjangkau. Harga sewanya berkisar antara 20 ribuan rupiah saja.

Rute Menuju Danau

Dari Kota Lhokseumawe, danau ini berjarak sekitar 131 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih selama 3 hingga 4 jam. Perjalanan tersebut akan melewati Jalan PT KAA, Sp KKA, Pd Baru, dan Simpang Tiga. Kemudian dilanjutkan dengan melalui Jalan Raya Bireuen-Takengon, Lebe Kader, Siah Utama, Takengon-Bintang, dan Danau Laut Tawar.

Sedangkan jarak tempuh dari Medan berkisar antara 445 sampai 446 kilometer. Dengan waktu tempuh selama 10 jam. Rute dari Medan tergolong cukup jauh. Wisatawan perlu melewati Jalan Lintas Sumatera. Namun meskipun demikian, perjalanan pengunjung akan terbayar dengan panorama keindahan destinasi wisata ini.

Itulah beberapa daya tarik hingga informasi lengkap dari Danau Laut Tawar di Aceh. Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata Aceh yang terkenal hingga mancanegara. Meskipun memiliki popularitas yang tinggi, harga tiket dan fasilitas di sana masih sangat terjangkau. Sehingga penuh dengan pengunjung, khususnya di akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button