Teknologi

Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet, Pemula Wajib Tahu

Seniusaha.com – Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang data analis adalah visualisasi data. Sederhananya, visualisasi data adalah proses memaparkan hasil analisis ke dalam bentuk visual grafik di aplikasi google dengan tujuan agar data mudah untuk dipahami. Dalam visualisasi data, dapat dilakukan dengan cara membuat grafik di google spreadsheet.

Seperti yang kita ketahui, Google menyediakan kemudahan bagi kita semua untuk bisa mengolah data angka atau yang lainnya melalui spreadsheets yang bisa diakses secara online. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, google spreadsheet tentunya sangat mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan.

Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan salah satu alternatif yang sering digunakan sebagai aplikasi untuk pengolah data. Google spreadsheets memungkinkan pengguna untuk mengolah data secara online dan dapat disimpan di penyimpanan cloud yang terjamin akan keamanan datanya dan mudah untuk diakses kapan pun dan di mana pun.

Banyak seorang data analis, terutama bagi mereka yang masih memulai karirnya atau belajar analisis data menggunakan aplikasi ini dengan cara membuat grafik di google spreadsheet untuk melakukan visualisasi dari data yang telah mereka olah. Selain kemudahan yang diberikan, fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap untuk dipelajari oleh seorang pemula.

Berikut cara untuk memulai membuat grafik di google spreadsheet secara simpel.

●     Melakukan Pengumpulan Data Terlebih Dahulu

Sebelum membuat sebuah visualisasi data dengan menggunakan google spreadsheet, hal pertama yang harus dipastikan ketersediaannya adalah data. Data merupakan sekumpulan informasi penting yang bisa diolah untuk kemudian didapatkan sebuah wawasan atau insight yang berharga.

Untuk melakukan pengumpulan data, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti melakukan riset atau survei atau dengan mencari sample data dari media atau platform di internet seperti kaggle, katadata, dan beberapa sumber lain. Anda bisa melakukan import data dari beberapa sumber tersebut ke dalam google spreadsheet.

●     Mengolah Data

Setelah data dikumpulkan, kemudian data diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah wawasan. Ini merupakan langkah yang paling penting karena melakukan visualisasi data dengan cara membuat grafik di google spreadsheet memerlukan data yang bersih dan akurat agar visualisasinya tidak rancu.

●     Menentukan Data yang Akan Divisualisasikan

Setelah data diolah dan menjadi data yang bersih serta akurat, langkah selanjutnya adalah memilih data mana yang akan dibuatkan grafik atau visualisasinya. Caranya adalah dengan blok data yang akan digunakan. Jangan lupa untuk menyertakan header agar hasil visualisasi nantinya lebih jelas.

●     Menentukan Model Visualisasi

Setelah menentukan data mana yang akan divisualisasikan, Anda bisa mulai melakukan visualisasi dengan membuat grafiknya. Caranya, pada data yang dipilih / diblok pilih tab Insert pada menu yang ada di jajaran atas, kemudian pilih Chart. Di sini Anda bisa memilih model chart atau grafik yang diinginkan.

Salah satu keuntungan yang didapatkan jika melakukan visualisasi data dengan cara membuat grafik di google spreadsheet adalah pilihan chart atau model grafiknya yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan tipe datanya.

Jika Anda melakukan visualisasi pada sebuah data untuk melihat perkembangan berdasarkan waktu, Anda bisa menggunakan grafik jenis line chart. Jika Anda melakukan visualisasi pada sebuah data yang menunjukkan perbandingan, bisa menggunakan bar chart atau column chart.

●     Kustomisasi Grafik

Grafik yang sudah dibuat bahkan bisa dikustomisasi. Mulai dari font, background, warna, dan sebagainya. Untuk mengubah background atau tipe grafik, tinggal double-click pada grafik yang ingin diubah tampilannya. Kemudian pilih customize dan pilih chart style. Anda bisa mengubah tampilan grafik sesuai keinginan.

Selain itu, cara membuat grafik di google spreadsheet ini juga bisa diberi judul. Caranya, double-click pada grafik yang ini diberi judul. Kemudian pilih customize, klik chart & axis title. Pada title text, tuliskan judul yang merepresentasikan visualisasi Anda. Sesuaikan juga font dan warna jika diperlukan.

google-sheets

Keuntungan Membuat Grafik di Google Spreadsheet

Menggunakan google spreadsheet untuk visualisasi data merupakan salah satu media sederhana yang bisa dilakukan. Selain mudah digunakan dan ramah untuk pemula, google spreadsheet juga menyediakan berbagai model grafik yang lengkap untuk mendukung visualisasi.

●     Komunikasi Lebih Efektif

Visualisasi data adalah alat yang kuat untuk berkomunikasi informasi kompleks kepada orang lain. Menggunakan grafik dan diagram untuk berkomunikasi membuat data lebih mudah dipahami oleh audiens daripada dengan menggunakan tabel angka yang panjang.

●     Data Menjadi Lebih Mudah Dipahami

Visualisasi dengan cara membuat grafik di google spreadsheet memudahkan pengguna data untuk memahami data tersebut. Hal ini dikarenakan data disampaikan dalam bentuk grafik dan diagram yang lebih mudah untuk dipahami secara lebih cepat dibanding harus membaca tabel yang panjang.

●     Identifikasi Pola dan Tren

Dengan melakukan visualisasi, Anda bisa mengidengifikasi pola atau tren dari data yang ada analisis. Ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki bisnis seperti kenaikan dan penurunan penjualan bisa tampak jelas jika dibuatkan sebuah visualisasi.

Dari pola dan tren tersebut akan tampak kapan mengalami penurunan atau kenaikan, apa penyebabnya, hingga kemudian bisa diambil keputusan bagaimana untuk mengatasinya.

Visualisasi data merupakan langkah penting dalam analisis data. Proses ini dilakukan agar hasil data yang dianalisis bisa dipahami dengan lebih mudah apabila disampaikan pada stakeholder. Visualisasi data bisa dilakukan dengan cara membuat grafik di google spreadsheet yang menawarkan berbagai pilihan model grafik sesuai yang Anda inginkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button