Teknologi

Kenali Cara Mudah Membuat VPS di Google Cloud

Seniusaha.com – Layanan Google Cloud merupakan langkah yang tepat unuk anda yang ingin mencoba untuk membuat VPS gratis secara mandiri. Google Cloud sendiri termasuk penyedia jasa layanan komputasi yang menggunakan basis awan yang mana didalamnya memiliki banyak pelayanan. Salah satu pelayanannya tentu membuat VPS di Google Cloud secara mandiri.

Jangan khawatir akan merasa kesusahan karena layanan ini memang dibuat khusus untuk pengguna yang ingin mengakses segala layanan di dalamnya dengan mudah. Anda bisa langsung mengakses Virtual Private Server melalui could.google.com saaat ini juga.

Namun perlu anda ketahui juga jika jasa penyediaan VPS yang menggunakan coykx comouting sebenarnya ada banyak. Anda bisa menggunakan Azure yang disediakan dari Microsoft, Amazon Web Service (AWS), atau bahkan menggunakan layanannya yang disediakan dari Digunakan Ocean.  Namun, semua ini tentu tidaklah gratis ya.

Sebab jika anda memilih untuk menggunakan layanan VPS dari Google Cloud sendiri sudah pasti tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Atau bahkan jika anda ingin menggunakannya VPS yang lebih baik, anda bisa memilih untuk menggunakan VPS yang didalamnya terdapat gratisan untuk kredit sebesar 300$ selama setahun loh.

Related Articles

Bahkan anda juga bisa menggunakan pelayanan dengan mudah hanya dengan melalui akun di dalam Google yang mana ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan kredit berupa kartu yang disediakan untuk digunakan sebagai media pembayaran nantinya. Bukankah cara membuat VPS di Google Cloud ini sangatlah menguntungkan penggunanya?.

Nah, sebelum kita belajar mengenai cara membuat VPS menggunakan layanan Google Cloud, anda perlu mengetahui jika layanan VPS ini biasa disebut dengan suatu layanan yang disediakan oleh Google Compute Engine yang mana untuk awalnya anda harus menyediakan VM instance atau VPS di dalam layanan Google Compute Ini.

 

Namun sebelum anda memulai untuk membuat VPS maka anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai persyaratan yang dibutuhkan ya. Berikut Ulasannya.

 

  • Buatlah Akun Google Cloud Terlebih Dahulu

Ini merupakan langkah awal yang harus benar-benar diperhitungkan, apalagi jika anda ingin membuat VPS di Google cloud. Sebab dengan Anda membuat akun Google Cloud ini, anda juga bisa menggunakan akses untuk layanan lain yang memang disediakan untuk mempermudah penggunanya.

  • Buatlah Project Terlebih Dahulu

Setidaknya, setelah Anda membuat akun di Google Cloud maka anda bisa langsung memulai dengan membuat sebuah project terlebih dahulu didalamnya.

 

  • Buatlah Domain Terlebih Dahulu

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat Domain terlebih dahulu. Nah, Domain ini bisa anda temukan dengan membekinya langsung di Google Domain. Bahkan anda juga bisa langsung membeli Domain ini di penyedia Domain yang lainnya.

 

  • Buatlah Control Panel di Dalam Google Cloud

Nah, langkah selanjutnya adalah memilih Control Panel yang mana ini sebenarnya sudah disediakan oleh Google Cloud untuk anda akses dengan mudah. Jadi anda hanya tinggal memilih tanpa harus kerepotan membuatnya sendiri ya.

 

  • Buatlah VM Instance Melalui Compute Engine

Nah, langkah selanjutnya adalah dengan mmbuat VM Instance sendiri melalui Compute Engine yang mana langkah-langkahnya bisa anda ketahui dengan mudah melalui ukadan dibawah. Jika sudah, maka langkah yang terakhir adalah menginstall Cintrol Panel. Bahkan anda juga harus bisa memiliki lisensi sendiri mengenai Kontrol Panel tersebut.

google_cloud

Berikut ini Ulasan Mengenai Cara Mudah Membuat VPS Sendiri di dalam Google Cloud

 

1.     Lakukan Login Google Cloud Console Terlebih Dahulu

Nah, langkah awal membuat VPS di Google Cloud bisa dimulai dengan Login di akun yang sebelumnya sudah anda buat ya. Langkah ini sebenarnya sama dengan yang ada di dalam langkah klik 1 control Panel. Namun untuk membuat VPS menggunakan Google Cloud maka anda bisa memasukkan akun yang sudah dimiliki terlebih dahulu.

 

2.     Setelahnya, Buatlah Virtual Machine

Nah, langkah kedua yang bia anda lakukan adalah dengan membuat Virtual machine. Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya harus membuka menu dengan mdnekan garis tiga yang terdapat di bagian atas pojok kiri.  Setelahnya carikah menu berupa Compute Engine dan pilihlah VM Instance untuk bisa mengaktifkan API jika nanti muncul otomatis.

 

3.     Lakukan Setting Server Terlebih Dahulu

Jadi setelah anda menekan menu klik VM Instance maka dengan ini anda akan di hadapkan dengan layar berupa setting server VPS didalamnya. Dengan ini anda bisa memilih lokasi server yang bisa disesuaikan dengan keinginan seperti memilih berapa jumlah dan tipe yang diinginkan untuk CPU serta penggunaan ram dan juga jenis Hardisk didalamnya.

Bahkan Anda juga diberikan keleluasaan untuk mamilih  jenis Hardisk dan juga ukuran RAM, serta Anda juga bisa memilih ingin menggunakan Ipertaing Sistem yang seperti apa. Namun tentu ada biaya tangagan jika anda memilih spesifikasi besar pada server CPU, Hardisk, dan juga Ram ya. Jadi semakin tinggi spesifikasi sudah pasti semakin mahal.

4.     Tekan Deploy dan Setting VPS

Jadi langkah selanjutnya adalah dengan menekan menu Deploy yang mana ini berarti anda membuat VPS sendiri. Anda hanya perkumpulan menunggu sistem berjalan hingga semua proses selesai dengan mudah. Ini ditandai dengan munculnya IP address dsj juga Username beserta Password SSH yang terdapat di dalam. VPS yang anda gunakan setelah login.

Lakukan Setting VPS dengan memakai SSH untuk bisa melakukan update dan setting VPS. Anda juga bisa menginstall control Panel jika anda ingin menggunakan program yang lainnya.

 

Sangat mudah untuk dilakukan sendiri bukan cara membuat VPS di Google cloud ini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk permudah diri anda menikmati layanan VPS dan layanan lainnya dengan Google Cloud ini. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button