Peluang Usaha

Investasi Mata Uang Asing, Rekomendasi dan Keuntungannya!

Instrumen investasi memiliki banyak jenis dan menjanjikan keuntungan besar dengan resiko tinggi. Ada juga yang memberikan penawaran profit tinggi risiko rendah. Salah satu instrumen tersebut adalah investasi mata uang asing. Instrumen ini masuk ke dalam golongan investasi jangka panjang dengan potensi keuntungan besar serta risiko kecil. 

Investasi Mata Uang Asing, Rekomendasi dan Keuntungannya!
Unsplash.com

Inilah Deretan Investasi Mata Uang Asing 

Mata uang asing atau nama lainnya valas merupakan jenis instrumen yang terus berkembang. Untuk investor pemula atau risk averse, investasi ini cocok untuk Anda coba. Tidak hanya itu saja, untuk berinvestasi Anda dapat memulai dengan modal minim. Lalu, mata uang apa saja yang bisa Anda investasikan? Berikut ini rekomendasinya.

1. Dollar Amerika Serikat 

Dollar Amerika Serikat atau USD merupakan salah satu mata uang yang banyak dipakai untuk transaksi internasional. Tidak hanya itu, mata uang ini menjadi mata uang asing paling populer. Sudah hampir 90% pada tahun 2019 dollar AS dipakai untuk transaksi Forex. Dollar AS memiliki nilai yang tinggi dan sangat bermanfaat dalam segi transaksi. 

Bahkan mata uang ini masih menjadi yang terpopuler untuk investasi. Nilai kurs Rupiah terhadap USD dalam $1 berkisar Rp 14.000 hingga Rp15.000.

2. Euro 

Euro atau EUR juga menjadi salah satu investasi mata uang asing yang baik. Karena Euro menjadi alat transaksi negara-negara bagian Eropa. Euro bahkan berperan sebagai mata uang cadangan dunia sehingga nilainya cenderung aman. 

Meskipun situasi ekonomi sulit pada beberapa negara Eropa, nilai Euro tetap cukup tinggi dan stabil. Nilai kurs untuk Rupiah terhadap Euro ini sangat tinggi, per 1 Euro berkisar Rp 16.000 hingga Rp 18.000.

3. Franc Swiss 

Mata uang Franc Swiss menjadi investasi valas teraman. Mata uang ini ada di area ekonomi pasar yang stabil dan sistem perbankan maju. Tidak hanya itu, negara Swiss sangat mendukung kekuatan mata uang ini sehingga nilainya cukup aman.

4. Yen Jepang

Yen Jepang menjadi salah satu valuta yang patut Anda pertimbangkan untuk investasi. Karena Jepang memiliki tingkat inflasi yang rendah untuk waktu cukup lama. Mata uang ini tidak berkiblat pada Euro dan dollar AS. Keuntungannya, mata uang ini bisa Anda gunakan untuk perdagangan internasional Jepang. Mata uang ini juga terlibat dalam semua transaksi.

5. Pound Sterling Inggris

Selanjutnya, ada mata uang dari Inggris yang mengalami kenaikan popularitas setelah Euro dan dollar AS. Saat krisis pada 2008 lalu, nilai tukar GBP mengalami penurunan lebih sedikit dari mata uang lain. Stabilitas nilainya menjadikan Pound Sterling menjadi salah satu pilihan investasi mata uang asing. 

Keuntungan Investasi Mata Uang Asing 

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapat dari investasi valas.

1. Mudah untuk dipelajari

Untuk memberikan dan menarik modal dalam investasi ini, memiliki konsep perdagangan konvensional. Berdasarkan hal tersebut, instrumen investasi yang satu ini lebih mudah untuk Anda pelajari. Meskipun demikian, untuk pembacaan faktor penentu kurs tidaklah mudah dan butuh pembelajaran lebih dalam.

2. Nilai Likuiditas Tinggi 

Investasi valuta asing memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, bahkan melebihi saham atau reksadana. Cara transaksi investasi ini juga tidak seperti saham, investasi valas bisa Anda cairkan dengan nominal lebih sedikit.

3. Tidak Memiliki Batas Waktu Transaksi 

Pasar investasi valas buka selama 24 jam, pembagiannya minimal 8 jam untuk pasar valuta Eropa, Amerika, dan Asia. Karena itu, untuk melakukan transaksi Anda bisa kapan saja sesuai kurs yang Anda inginkan.

4. Tidak Ada Minimum Modal 

Selanjutnya, investasi valas ini tidak menentukan minimal modal dalam proses jual beli. Dengan begitu, Anda dapat menjual dan membeli kurs asing berapapun jumlahnya sesuai budget Anda.

5. Lebih Mudah dalam Transaksi Internasional

Jika memiliki tabungan valas dengan berbagai jenis, saat bertransaksi antar negara tidak perlu bingung lagi. Anda dapat menggunakan cadangan valuta yang ada dalam dompet investasi. 

Demikianlah pembahasan rekomendasi dan keuntungan investasi mata uang asing. Investasi ini bisa menguntungkan Anda dengan strategi yang tepat dan risiko rendah. Modal atau uang yang Anda pakai juga tidak besar. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button