Bisnis

Ide Bisnis Kreatif Kekinian 2023, Cocok untuk Sampingan

Ide bisnis kreatif mulai bermunculan di mana-mana. Pernahkah Anda berpikir untuk beralih dari seorang pengguna atau konsumen menjadi pelaku bisnis. Terlebih era digital saat ini begitu mendukung iklim bisnis supaya lebih maju.

Biaya hidup yang terbilang tidak lagi murah menuntut kreativitas kita agar semua kebutuhan bisa tercover dengan baik. Salah satunya adalah mendapatkan penghasilan tambahan.

15 Ide Bisnis Kreatif Kekinian 2023

Ide bisnis yang dibangun dengan kreativitas mampu menghadapi persaingan dengan usaha lain. Biasanya, ide ini lahir dari kawula muda.

Sebagian besar ide bisnis memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi, yakni lewat internet. Bila mencari ide usaha sampingan, ulasan berikut bisa menjadi referensi bagi Anda.

Buat Industri OOH

Kemajuan era digital membuka ide bisnis cemerlang di berbagai sektor. Salah satunya adalah industri OOH. Industri ini bergerak dalam sektor pengiklanan brand suatu perusahaan dengan konsep visual atraktif. Iklan semakin mudah mendapat atensi dari publik apabila semakin atraktif.

ide-bisnis-OOH

Bagi perusahaan, iklan digital merupakan investasi kejayaan sebuah brand. Mereka mempercayakan kelangsungan brand dari iklan digital tersebut.

Layanan dari industri OOH antara lain adalah pembuatan display, baliho, dan banner. Namun, tidak menutup kemungkinan iklan dengan metode konvensional juga masih banyak peminatnya.

Bisnis Aplikasi Ponsel Pintar

Ide bisnis kreatif kekinian berikutnya adalah jasa pembuatan aplikasi ponsel pintar. Peluang bisnis ini cocok bagi pelajar atau mahasiswa yang menguasai ilmu komputer.

Cara merintis bisnis cukup simpel karena tidak perlu menjadi seorang programmer. Ciptakan ide-ide brilian dan kombinasikan dengan skill teknologi informasi yang Anda punya untuk membuka bisnis membuat aplikasi ponsel pintar.

Ingatlah bahwa orang menganggap bahwa Android adalah segalanya. Namun, Android bisa berfungsi dengan adanya aplikasi. Dan, hampir setiap pengguna ponsel melakukan semua pekerjaan dengan aplikasi di ponsel mereka. Jadi, tak ada salahnya bukan memanfaatkan peluang tersebut untuk menciptakan ide bisnis kreatif. 

Penulis Lepas

Salah satu ide bisnis modal kecil layak Anda coba adalah menjadi penulis artikel lepas. Cukup bermodalkan gadget dan kuota internet. Bisa dibilang bahwa bisnis ini tanpa modal. Modal utama berupa sejauh mana skill Anda mengolah dan membuat suatu tulisan.

ide-bisnis-kreatif

Bisnis ini lebih menguntungkan karena memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu klien. Anda juga bisa memasang tarif sesuai keinginan. Biasanya tarif berdasarkan jumlah kata atau jumlah lembar yang dipesan klien.

Supaya jasa tulis artikel dikenal masyarakat luas, manfaatkan promosi melalui berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain. Boleh juga memanfaatkan website sebagai media promosi.

Admin Social Media

Jika orang tengah berlomba-lomba membuat postingan konten-konten menarik, pernahkah terpikir oleh Anda untuk menjadi admin social media? Kehadiran jasa admin akan membantu menambah jumlah like atau followers.

Tentu saja Anda harus bisa menciptakan ide-ide cemerlang agar bisa membuat konten menarik dan kreatif. Supaya bisa meningkatkan engagement rate, pastikan Anda mengenal dengan baik profil perusahaan dan target perusahaan.

Jualan Konsep Pre Order

Selain ide bisnis kreatif, membuka bisnis jualan dengan konsep pre-order juga merupakan salah satu cara berbisnis online tanpa modal. Ide bisnis menjual barang sistem pre order akan membantu pelaku bisnis meminimalisir kerugian. Justru sistem penjualan yang sedemikian akan membantu memudahkan penghitungan laba.

Bouquet Bunga Kering atau Uang

Bunga menjadi ungkapan hati seseorang paling sederhana. Selain bouquet bunga kering, orang juga menyukai buket uang.

Kebanyakan kedua buket tersebut dipesan sebagai simbol suka cita, misal pada acara ulang tahun, kado pernikahan, kado ulang tahun, wisuda, hari ibu, dan masih banyak lagi momen bahagia yang pas dengan pemberian buket bunga dan uang sebagai hadiah.

Voice Over

Memiliki warna dan karakter suara yang khas ternyata juga bisa menjadi ide bisnis kreatif. Caranya adalah dengan menjadi seorang voice over.

Selain karakter suara, indikator penting untuk menjadi voice over sukses adalah melatih intonasi dan kemampuan mengolah audio. Ingatlah jika saat ini profesi tersebut sedang menjadi incaran banyak orang. Anda bisa berlatih dengan aplikasi voice over yang kini tersedia di android atau perangkat lain.

Buat Kerajinan dari Barang Bekas

ide-memulai-bisnis-kreatif

Barang bekas, jika berada di tangan orang tepat akan menjelma menjadi produk yang memiliki nilai jual. Selain itu, secara tidak langsung kita telah berkontribusi untuk menyelamatkan bumi.

Lihatlah di sekeliling berapa banyak orang membuang botol plastik setiap harinya? Kumpulkan botol-botol bekas tersebut dan sulaplah menjadi barang berguna misal tempat pensil, pot gantung, vas bunga, mobil, hias, celengan, dan lain-lain. Meski hanya terbuat dari barang bekas tetapi tampilannya tetap cantik.

Designer Web

Skill HTML yang Anda miliki juga bisa menjadi ide bisnis kreatif dan sangat layak coba. Terlebih apabila Anda mampu merancang sekaligus menyusun desain unik dan kekinian.

Desain web menarik akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan. Cukup membangun portofolio yang jelas maksud dan tujuannya untuk mulai membuat situs desainer web yang hendak Anda tekuni.

Konsultan SEO

Kebanyakan para pebisnis tidak tahu bagaimana langkah tepat supaya bisnis bisa selalu cuan. Faktanya banyak pebisnis tidak tahu menahu tentang SEO, search engine optimization.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk sebagai ide bisnis kreatif, yakni menjadi seorang konsultan SEO. Cukup bekali diri dengan pengetahuan SEO dan skill mengolah data analitik sedetail mungkin.

Jasa Hantaran Nikahan

Hantaran atau seserahan pernikahan yang terlihat cantik dan unik akan meningkatkan kepercayaan diri bagi keluarga mempelai laki-laki. Tentunya setiap orang menginginkan acara pernikahan yang istimewa dan indah.

Ambil ini sebagai peluang bisnis karena tidak perlu modal besar untuk memulainya. Namun, perlu usaha ekstra untuk mengoptimalkan promosi jasa. Salah satunya melalui berbagai media sosial.

Tuangkan inspirasi kreatif untuk membuat seserahan khas buatan Anda. Pelajari pula tren-tren hiasan hantaran pernikahan kekinian.

Untuk menambah koleksi, silakan menyimak media sosial jasa Event organizer. Jangan lupa menyertakan hastag yang sesuai dengan jasa Anda.

Script Writer

Selain penulis artikel, menjadi seorang penulis naskah atau script writer juga layak coba. Ide bisnis kreatif yang satu ini bisa Anda kelola secara tim. Cukup luncurkan ide-ide kuat supaya bisa mengembangkan ide cerita menjadi suatu adegan atau dialog yang apik. Anda bisa berkontribusi dengan banyak production house dan menyalurkan kreativitas Anda sebagai seorang penulis naskah.

Make Up Artist

Ide bisnis berikutnya pas jika Anda memiliki skill merias wajah. Profesi ini dibutuhkan berbagai event, mulai wisuda, foto pre wedding, hingga rias pernikahan.

Cukup dengan modal tak lebih dari Rp 2 juta, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Alokasikan modal untuk membeli make up dasar. Bekali diri Anda dengan teknik dan skill yang memadai dalam bidang rias wajah.

Ide bisnis kreatif yang satu ini bisa juga menjadi usaha sampingan. Jadi, ketika tidak mendapatkan proyek, Anda masih bisa menggeluti bisnis utama.

Jasa Catering Sehat

Semakin bertambahnya kesibukan seseorang, mereka sering mengabaikan konsumsi makan bergizi. Ibarat kata, yang penting mereka makan dan merasa kenyang tanpa memperhatikan kecukupan nutrisi tubuh.

Bila memiliki kemampuan pintar memasak, Anda bisa membuka bisnis catering makanan sehat. Tawarkan menu tersebut dengan media promosi yang tepat. Supaya relasi lebih luas, pergunakan jasa food delivery terpercaya seperti Grab Food, Shopee Food, dan aplikasi lain sejenis.

Personal Shopper

Prinsip kerja ide bisnis kreatif menjadi personal shopper adalah membelikan barang sesuai permintaan konsumen. Uniknya, menjalankan bisnis ini hampir tanpa modal.

Ini karena konsumen harus melakukan pembayaran tunai di muka. Bisa dikatakan bahwa modal Anda berasal dari konsumen yang memesan barang.

Jadi, kewajiban membayar konsumen adalah harga barang yang mereka pesan, biaya ongkos kirim, serta komisi untuk Anda sebagai penyedia jasa personal shopper.

Apakah Anda berkeinginan mengubah nasib dengan memilih salah satu ide bisnis kreatif dalam ulasan tadi? Bila sudah memiliki ide bisnis, sebaiknya jangan menunda untuk mewujudkan bisnis tersebut. Ingatlah jika banyak orang mulai bangkit dan sedang merintis bisnis, salah satunya mungkin sama dengan bisnis yang Anda pilih. Menunda sama halnya dengan kehilangan kesempatan berbisnis selamanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button