Seni Budaya

10 Macam dan Jenis Seni Rupa Murni

Seni rupa ialah satu macam seni yang ditempatkan di media hingga dapat di nikmati dan diraba. Pada dasarnya, seni rupa ini dibagi ke dua type, yakni seni rupa murni serta seni rupa terapan. Ke-2 type seni ini mempunyai ketidaksamaan yang benar-benar fundamental.

 

Sebetulnya seni rupa yang berbentuk murni serta seni rupa berbentuk terapan dibedakan berdasar manfaatnya. Bila seni rupa murni cuma dapat di nikmati sedang seni rupa terapan tidak hanya dapat di nikmati dapat juga dipakai. Pada artikel ini akan diulas tentang semua hal mengenai seni rupa spesial yang berbentuk murni.

 

Berikut ini akan diterangkan mengenai pengertian, manfaatnya dan ragamnya. Buat anda yang tertarik di dunia seni, ini penting sekali. Di bawah ini info penting mengenai type seni rupa yang satu ini buat anda.

 

Pengertian Dasar Seni Rupa Murni

 

Seni mempunyai banyak ruangan cakupan. Satu diantara ruangan cakupan itu ialah seni rupa yang berbentuk murni. Dengan bahasa, seni ini berarti satu hasil kerja manusia yang mempunyai nilai keindahan.

 

Sedang kata murni bermakna asli atau sesuai keadaan yang sebetulnya. Jadi seni rupa type ini dengan bahasa dapat disimpulkan seni yang memprioritaskan nilai keasliannya (keindahannya).

seni rupa murni

Dengan gampangnya pengertian seni rupa type ini ialah satu seni yang memprioritaskan nilai keindahan tanpa ada melihat nilai fungsinya. Hingga satu seni rupa cuma untuk sekedar di nikmati saja bukan untuk di daya pakai.

Baca juga : Pengertian dan Unsur Seni Rupa Secara Umum

Misalnya seperti lukisan, lukisan tidak dapat anda pakai cuma dapat anda nikmati keindahan. Type seni rupa semacam ini umumnya pemakaiannya cuma untuk sekedar pajangan saja.

 

Karya seni ini dapat berupa dua atau tiga dimensi bergantung ragamnya. Pembuat seni rupa yang berbentuk murni ini umumnya seniman yang cinta akan keindahan berlevel tinggi.

 

Peranan Seni Rupa Murni

 

Dari pengertian di atas, semestinya anda telah mempunyai deskripsi mengenai peranan seni rupa yang satu ini. Pada umumnya peranan seni rupa ini ialah untuk di nikmati. Sedang dengan detil, akan diterangkan di bawah ini:

 

  1. Untuk Memperindah Sebuah Media

 

Type seni rupa ini diaplikasikan untuk mempercantik satu media yang awalannya kelihatan biasa saja jadi mengagumkan. Contoh sederhananya saat satu kertas putih yang polos serta terlihat tidak menarik diberi gambar di atasnya. Gambar ini pasti mempercantik kertas polos barusan.

 

  1. Menyalurkan Kreatifitas Seniman

 

Peranan dari seni rupa ini yang selanjutnya ialah untuk mengalirkan kreativitas seseorang seniman. Manusia mempunyai kreativitas yang tidak hanya terbatas. Satu diantara langkah yang baik untuk mengalirkan kreativitas itu yakni lewat seni rupa yang tuangkan keindahan.

 

  1. Menyampaikan Sebuah Pesan Penting

 

Type seni rupa ini tidak sama dengan seni rupa terapan yang dapat dipakai, namun type seni yang satu ini dapat dipakai untuk mengemukakan pesan penting. Pesan penting di sini yaitu pesan yang ingin dikatakan oleh seniman lewat lukisan atau goresan yang dibuatnya. Pesan ini kadang langsung bisa bisa dibaca serta kadang cuma terbersit.

 

Itu peranan dari seni rupa yang berbentuk murni yang butuh anda tahu. Sesudah tahu manfaatnya, saat ini waktunya anda tahu macam seni rupa ini. Berikut ini info sekitar macam seni rupa murni itu.

 

Macam Seni Rupa Murni

 

Ada beberapa macam seni rupa type ini di dunia. Macam seni rupa ini dibedakan berdasar bentuk serta medianya. Berikut ini ada 10 macam seni rupa yang berbentuk murni yang dapat anda dapatkan dalam kehidupan seharian. Di bawah ini 10 macam seni rupa itu:

 

  1. Lukisan

 

Macam yang pertama serta termudah untuk didapati ialah lukisan. Lukisan ialah satu gambar yang dibikin pada suatu media yang umumnya berbentuk kanvas. Sekarang lukisan tidak sekedar hanya dibikin di atas kanvas serta lukisan dibikin di atas media dinding. Terdapat beberapa lukisan populer di dunia, diantaranya ialah lukisan monalisa.

 

  1. Patung

 

Bila anda cari karya seni rupa dengan nilai murni yang berupa 3 dimensi, karena itu diantaranya ialah patung. Patung dibikin cuma untuk dipamerkan. Perihal ini pula yang membuat patung dikelompokkan ke seni rupa yang cuma memperlihatkan keindahan.

 

Terdapat beberapa media yang dapat jadikan patung seperti batu serta kayu. Sering satu patung jadikan lambang penting seperti patung Liberty di Amerika.

 

  1. Relief

 

Relief ialah guratan-guratan yang berupa gambar atau lambang tertentuk. Type seni rupa murni ini termudah didapati pada candi. Contoh relief yang dapat anda jumpai ialah relief yang ada di candi Borobudur. Relief ini dapat juga berupa dua dimensi atau tiga dimensi.

 

  1. Seni Photografi

 

Pada intinya, seni photografi termasuk juga ke seni murni. Seni rupa murni yang satu ini adalah seni rupa yang benar-benar kekinian. Untuk membuahkan seni rupa yang satu ini anda memerlukan satu camera. Sekarang type seni rupa semacam ini benar-benar popular.

 

  1. Seni Grafis

 

Bila anda sudah pernah lihat simbol atau sablonan pada pakaian karena itu anda telah lihat seni rupa. Simbol serta sablonan pakaian ini adalah seni grafis. Seni grafis ini sendiri banyak macamnya bergantung dari tehnik membuatnya.

 

  1. Topeng

 

Sebetulnya topeng dapat dikelompokkan ke seni rupa yang murni dan seni rupa yang terapan. Bila satu topeng cuma dipamerkan, karena itu topeng itu ialah satu seni rupa yang murni. Tetapi bila topeng itu bukan sekedar dipamerkan tetapi dipakai karena itu topeng itu terhitung dalam seni rupa terapan.

 

  1. Kaligrafi

 

Seni rupa yang satu ini datang dari wilayah arab. Kaligrafi ialah tulisan arab memanjakan mata yang mempunyai bentuk unik. Di Indonesia pemakaian kaligrafi ini banyak sekali diketemukan di masjid-mesjid. Kaligrafi ialah suatu hal yang benar-benar menarik untuk disaksikan.

 

  1. Ukiran

 

Ukiran termasuk juga ke seni rupa yang berbentuk murni. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa type ukiran. Tiap wilayah serta mempunyai corak ukiran yang berlainan. Ukiran ini umumnya dipamerkan di beberapa tempat tersendiri. Seniman membuat suatu ukiran memakai media kayu yang memiliki tekstur lembut.

 

  1. Mozaik

 

Mozaik ini ialah satu seni tempelkan pecahan-pecahan benda seperti kain, kaca, keramik atau apa pun jadi satu. Dalam soal ini seniman akan membuat suatu karya baru dari serpihan atau pecahan suatu hal hingga jadi bentuk yang memanjakan mata. Biasanya mozaik ini akan ditempelkan pada dinding.

 

  1. Kerajinan

 

Dari Keramik Macam seni rupa type ini yang paling akhir ialah kerajinan dari keramik. Kerajinan keramik ini umumnya dibikin dari bermacam bahan baku seperti tanah liat. Manfaatnya yang cuma untuk pajangan membuat keramik jadikan cuma hanya seni rupa murni saja. Bentuk dari keramik ini beragam macam, ada yang berupa tumbuhan, hewan serta beberapa benda yang berada di alam.

 

Sesudah tahu info mengenai pengertian dan macam seni rupa murni, peranan dan ragamnya, mungkin anda punya niat untuk bikin satu diantara karya seni ini. Terdapat beberapa karya yang dapat anda buat. Tuang kreativitas anda di sejumlah media.

 

Dalam membuat suatu karya seni, kadang buat dari alat itu dapat jadi nomer dua. Hal yang sangat penting ialah nilai keindahan dari karya itu. Satu karya seni rupa murni dapat memberi keindahan yang mempesona di mata anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button