TeknologiTips

3 Cara Mengatasi Laptop Layarnya Hitam Paling Ampuh

Karya Seni Usaha – Laptop adalah gadget yang paling berguna untuk umat manusia saat ini. Hampir seluruh pekerjaan bisa lebih ringan jika dikerjakan dengan laptop. Namun apa jadinya, ketika laptop yang lagi kamu pakai tiba-tiba layarnya berubah jadi hitam? Pasti kesel, kan. Padahal cara mengatasi laptop layarnya hitam cukup mudah, bahkan kamu juga bisa memperbaikinya sendiri.

Laptop yang layarnya hitam biasanya terjadi karena proses perawatan yang tidak konsisten, sehingga laptop menjadi rentan. Umumnya, laptop dengan masalah black screen disebabkan oleh beberapa faktor seperti terserang virus, terlalu panas, update windows tidak sempurna, dan program yang tidak kompatibel. Ketika kamu memahami penyebab terjadinya layar laptop yang menghitam, selanjutnya kamu harus lebih menjaga laptopmu.

Apabila dilihat dari faktor terjadinya layar laptop yang menghitam, cara mengatasi laptop layarnya hitam cukup mudah bukan? Kamu cuman perlu menghindari faktor-faktor tersebut. Dengan begitu, laptop kamu pun terhindar dari masalah ini. Kalau sudah terlanjur, maka kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Layarnya Hitam

Cara Mengatasi Laptop Layarnya Hitam

  1. Restart Laptop Kamu

Cara mengatasi laptop layarnya hitam yang pertama kali dapat kamu terapkan adalah merestart laptopmu. Mungkin saja selama proses booting ada masalah yang terjadi, sehingga sistem operasi tidak berjalan dengan sempurna. Sehingga mengakibatkan layar laptop milikmu berubah menjadi hitam. Terdapat dua cara yang mampu kamu gunakan, cara mudah atau kasar.

Cara mudah yaitu kamu bisa memencet tombol CTRL+ALT+DEL bersamaan. Nanti kamu akan masuk ketampilan windows, ketika sudah memasuki tampilan ini. Silahkan pilih logo power yang berada di kanan bawah layar, dan pilih restart. Tapi kalau keadaan laptop kamu sudah terlampau panas. Lebih baik pilih menu shutdown agar laptopmu mati dan biarkan sejenak hingga suhu normal kembali.

Selain opsi mudah tersebut, ada pula opsi kasar yang bisa kamu lakukan. Umumnya, opsi ini dipakai oleh user yang kesabarannya setipis helai rambut. Tetapi, dampak yang ditimbulkan dari opsi ini adalah kemampuan write and read hardisk laptopmu akan menurun jika terlampau sering menggunakan opsi ini. Caranya adalah cukup tekan lama tombol power di laptopmu, tunggu sampai mati. Kemudian nyalakan lagi, mudah bukan?

  1. Menggunakan Fitur Safe Mode

Safe Mode adalah bentuk program diagnostik dalam OS Windows yang memungkinkan komputer berjalan hanya dengan program layanan dasar yang fundamental bagi OS Windows. Dengan menggunakan fitur ini, kamu mendapatkan diagnosis yang lebih akurat. Sehingga perbaikan laptop kamu akan lebih cepat.

Untuk bisa memasuki fitur safe mode ini, kamu melakukan step by step berikut:

  1. Restart laptopmu, agar bisa masuk ke menu restart tersebut. Kamu bisa menekan tombol CTRL+ALT+DEl secara bersamaan. Kemudian pilih Power > Restart.
  2. Setelah laptopmu menampilkan menu Choose an Option, kemudian pilih Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart.
  3. Setelah berhasil, nanti layar kamu akan menampilkan opsi. Kamu bisa memilih 4 guna memulai program Safe Mode.

Setelah kamu berhasil memasuki program safe mode, terdapat beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah memastikan semua driver perangkat keras, terutama driver grafis, telah terupdate ke versi terbaru. Kemudian jika kamu pernah menginstal software baru sebelum masalah muncul, cobalah untuk menghapus program tersebut. Karena bisa jadi program tersebut adalah sumber masalahnya.

  1. Install Ulang Sistem Operasi

Langkah pamungkas untuk bisa mengatasi laptop layarnya mati dengan cara menginstall ulang windows pada laptopmu. Proses install ulang akan menghapus semua perangkat lunak dan pengaturan yang ada. Sehingga menghilangkan potensi konflik yang mungkin menyebabkan layar menjadi hitam. Tak hanya masalah file corrupt saja yang bisa teratasi dengan install ulang. Masalah lainnya yang disebabkan oleh virus atau malware juga akan terselesaikan. Sehingga kamu bisa menggunakan laptopmu sebagaimana mestinya.

Proses install ulang, bisa dilakukan dengan mendatangi tempat service laptop terdekat. Kemudian ceritakan masalah dan tujuan kamu datang, setelah memahami keinginan kamu. Kemudian, proses install ulang bisa segera dilakukan. Sejatinya, proses ini tidak memakan waktu yang lama. Sehingga kamu bisa menunggu laptopmu.

Selamat! Laptop Kamu Sudah Bisa digunakan Lagi

Dari ketiga cara mengatasi laptop layarnya hitam diatas, manakah opsi yang berhasil di laptopmu? Kedepannya, merawat laptop secara rutin dan konsisten merupakan langkah yang wajib untuk kamu lakukan. Sehingga penyakit laptop seperti black screen, blue screen, stuck logo serta lainnya bisa kamu hindari.

Rutin membersihkan serta memindai atau scanning pada laptop boleh jadi salah satu opsi guna menghindari penyakit-penyakit laptop yang mungkin menyerang. Karena pada dasarnya, laptop ialah sebuah mesin yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan kita. Jadi jangan ragu untuk rutin merawat laptop kamu mulai dari sekarang yaa!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Back to top button